Merencanakan Denah Rumah 5 Kamar Tidur 1 Lantai

Perlukah merencanakan denah rumah 5 kamar tidur 1 lantai? Ketika mendirikan rumah, terkadang kita cenderung merencanakan jumlah ruang yang sesuai dengan yang kita butuhkan saat itu demi pertimbangan ekonomis. Seringkali tidak terpikirkan bahwa suatu hari kita mungkin akan memerlukan lebih banyak ruang, misalnya dengan bertambahnya jumlah anggota keluarga. Bertambahnya jumlah anggota keluarga tentunya memerlukan tambahan kamar tidur lagi, bukan? Untuk alasan inilah perlu direncanakan denah rumah 5 kamar tidur 1 lantai.

Jika penambahan ruang dengan rencana denah rumah 5 kamar tidur 1 lantai tidak memungkinkan karena beberapa alas an seperti luas tanah yang terbatas atau budget yang belum memadai, maka ada dua alternatif yang bisa kita pilih. Alternatif pertama adalah dengan memanfaatkan ruang kosong, baik di loteng ataupun di basement untuk diubah menjadi kamar tidur. Dengan mengubah ruang-ruang tersebut menjadi kamar tidur, anda bisa menghemat pengeluaran dibandingkan dengan membangun kamar-kamar baru atau mengubah rencana denah rumah 5 kamar tidur 1 lantai. 

Persyaratannya tentu saja adalah ruang-ruang tersebut masih dalam keadaan baik. Dengan mengubah sedikit beberapa bagian tertentu dari ruang tersebut, anda bisamemperoleh kamar tidur tambahan.
Namun, secara umum, loteng atau basement tidak memiliki kondisi fisik yang sesuai untuk difungsikan sebagai kamar tidur. Sebagai contoh, ketinggian loteng umumnya rendah sehingga tidak dapat dilalui orang dalam keadaan berdiri tegak. Struktur lantainya pun biasanya tidak dibuat untuk menahan beban dan sirkulasi orang dan barang. Oleh karena itu, ketika akan mengubah loteng, anda harus benar-benar memperhatikan struktur dan ketinggian ruang, selain itu ventilasi dan kelembabab ruang juga harus mendapat perhatian.

Menambah ruangan baru dengan mengubah denah awal menjadi denah rumah 5 kamar tidur 1 lantai bisa dilakukan dengan menempelkan bangunan baru ke bangunan inti. Hal ini bisa dilakukan pada bagian dalam rumah atau ke arah luar jika halaman rumah anda masih luas. Namun, pekerjaan menambah ruangan baru ini biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Komentar